Kartu Remi

on Rabu, 26 Januari 2011



Kartu permainan (bahasa Inggris: playing cards), atau lebih dikenal dengan kartu remi, adalah sekumpulan kartu seukuran tangan yang digunakan untuk permainan kartu. Kartu ini sering juga digunakan untuk hal-hal lain, seperti sulap, enkripsi, permainan papan, dan pembuatan rumah kartu. Kata “remi” itu sendiri sebenarnya adalah nama salah satu permainan kartu.

Solitairedan bridge bagi kita barangkali lebih familiar ketimbang yang lain. Solitaire, yang sudah dimainkan orang sejak ratusan tahun lalu – dan banyak jenisnya – itu dimainkan sendirian,terutama untuk mengisi waktu luang. Jangan heran kalau menjelang jam kerja berakhir di kantor-kantor, mudah dijumpai karyawan asyik memainkannya di layar komputer pribadi (PC) pun agak samar-samar. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara atau suku-suku nomaden. Yang jelas, jenis permainan kartu ini – entah datang dari Timur, Mesir atau Arab – muncul di Italia kira-kira akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Seperti kita kenal sekarang, satu pak kartu remi berisi 52 lembar. Dibagi menjadi empat suit atau jenis kartu (Spade, Heart, Diamond, Club), masing-masing terdiri atas 13 kartu (dari As, 2, 3 dst. sampai King). Plus kartu tambahan berupa dua kartu joker, hitam dan merah.

Kapan dan siapa penemu kartu remi tidak diketahui secara pasti. Diduga embrionya berasal dari daratan Cina atau Hindustan (India) sekitar tahun 800. Bagaimana ceritanya sampai bisa masuk ke Eropa pun agak samar-samar. Mungkin dibawa oleh para pedagang, tentara, atau suku-suku nomaden. Yang jelas, jenis permainan kartu ini - entah datang dari Timur, Mesir, atau Arab - muncul di Italia kira-kira akhir tahun 1200-an. Setelah itu menyebar ke Jerman, Prancis, dan Spanyol.

Sejumlah ahli sejarah menduga, kartu permainan itu hasil evolusi dari sejenis permainan catur yang dimainkan oleh para gembala di Asia Barat. Sambil menggembala, mereka bermain catur memakai kerikil. Ahli lain berpendapat, permainan kartu merupakan evolusi dari semacam upacara untuk berkomunikasi dengan para dewa. Empat batang tongkat atau anak panah yang sudah ditandai dengan empat simbol berbeda, dilemparkan ke atas altar. Tongkat mana yang jatuh, itulah yang diinterpretasikan sang pendeta sebagai titah dewa.

Kartu pertama di Eropa (Italia) disebut Kartu Tarot (tarrochi) atau tablet nasib karena bentuknya seperti tablet, dan digunakan antara lain untuk meramal nasib. Tarot tertua berasal dari tahun 1470 di Lombardy. Satu setnya 50 kartu, dibagi menjadi lima kelompok masing-masing 10 kartu. Pada permukaannya terukir tema-tema alegori atau mitologi tentang berbagai aspek kehidupan seperti ilmu, seni, planet, dsb.

Tarot terus berevolusi. Tarot Venetia jumlahnya 78 kartu, termasuk sebuah kartu - namanya il matto (si pandir) - yang diduga sebagai cikal-bakalnya joker modern. Dulu kartu permainan teratas dinikmati kaum berduit mengingat harganya mahal. Maklum, masih buatan tangan dan gambarnya hasil lukisan. Setelah sistem cetak dengan kayu ditemukan, kartu menjangkau masyarakat ramai. Produksi makin meningkat setelah ditemukan teknik cetak dengan plat tembaga ditemukannya proses reproduksi warna dengan teknik litografi di awal 1800-an makin mendorong munculnya kartu-kartu cantik dari Jerman, Italia, dan Prancis.

Dulu kartu permainan terbatas dinikmati kaum borjuis atau bangsawan mengingat harganya mahal. Karena masih buatan tangan dan gambarnya hasil lukisan. Setelah sistem cetak dengan kayu ditemukan, kartu menjangkau masyarakat ramai. Produksi makin meningkat setelah ditemukan teknik cetak dengan plat tembaga. Ditemukannya proses reproduksi warna dengan teknik litografi di awal 1800-an makin mendorong munculnya kartu-kartu cantik dari Jerman, Italia, dan Prancis.
Ada beberapa fenomena tentang kartu remi, diantaranya

- Jumlah kartu remi adalah 52. Jumlah seminggu dalam setahun adalah 52 dan setiap kartu mewakili satu minggu. Kalau diambil dari jumlahnya 52, sesungguhnya bilangan itu dapat dipecah menjadi 5 + 2 = 7 (7 hari).

- Karena dari Inggris yang memiliki 4 musim, jadi kartu remi mempunyai 4 jenis

Spade (♠) mewakili musim dingin
Heart (♥) mewakili musim gugur
Diamond (♦) mewakili musim semi
Club (♣) mewakili musim panas

Dalam satu jenis terdapat 13 kartu (dari As s/d King) 13 adalah jumlah minggu dalam satu musim.
- Warna merah dan hitam, melambangkan Siang dan Malam

- Kalau angka kartu dalam satu jenis kalian jumlahin semua (untuk : As = 1, Jack=11, Queen=12 dan King=13),maka jumlah totalnya adalah 364. Sama dengan jumlah hari dalam satu tahun, ditambah 1 Joker, menjadi 365 hari

- Kalau jumlah huruf dari nama-nama kartu yang ada satu deck dihitung, baik dalam bahasa Inggris, Belanda,Jerman ataupun Perancis, maka jumlahnya adalah 52 (sama seperti jumlah minggu dalam 1 tahun)
1. Bahasa Inggris:
Ace,two,three,four,five,six,seven,eight,nine,ten,Jack,Queen,King.
2. Bahasa Belanda:
Aas,twee,drie,vier,vijf,zes,seven,acht,negen,tien, Boer,Vrouw,Heer.
3. Bahasa Jerman:
As,zwei,drei,fünf,sechs,sieben,acht,neun,zehn,Bube ,Dame,König.
4. Bahasa Perancis:
As,deux,trois,quatre,cing,six,sept,huit,neuf,dix Valet,Reine,Roi.
- Dari setiap jenis juga melambangkan 4 pilar yang utama di jaman Middle Ages
Heart -> Gereja
Spade -> Militer
Club -> Aglikultur
Diamond -> Kelas Pedagang

- Setiap kartu Raja (KING) dari setiap jenis, representasi dari sejarah raja-raja besar:

Spade - King David adalah Raja Israel
Heart - Charlemagne adalah pendiri The Holy Roman Empire
Club - Alexander The Great, Jenderal Macedonia yang berhasil menaklukan Mesir sampai ke India
Diamond - Julius Caesar, The Great Dictator of Rome

Hearts- Spades- Diamonds - Clubs
(King) Charlemagne - David - Caesar - Alexander
(Queen) Ragnel - Judith - Pallas - Argeia
(Jack) Ogier - Judah Maccabee - Aulus Hiritus- Hector

- King Hati satu-satunya King yang tidak punya kumis

- King Hati juga mengarahkan pedangnya ke arah kepalanya sendiri, oleh karena itu King Hati selalu disebut "The Suicide King"

- King Diamond hanya memperlihatkan satu sisi muka, dimana king-king lainnya tidak

- Queen Spade melihat ke arah kanan, dimana Queen-Queen lainnya melihat ke arah kiri

- Queen Spade satu-satunya Queen yang memegang tongkat dan bunga, dimana Queen-Queen lainnya hanya bunga

Fenomena atau keganjilan lain yang ditemukan oleh Kawaru dalam kartu remi Bicycle

1. Jack, Queen dan King warna merah dengan kepala menoleh kompak ke arah kiri sedangka warna hitam saling berlawanan (kecuali Jack)
2. Apabila semua Jack diletakan berdampingan, seolah-olah antara Jack hitam dengan merah saling berhadapan
3. Dalam kartu Ace, hanya Ace of Spade yang diberikan bentuk istemewa atau lain daripada Ace yang lain
4. Hanya King of Diamond yang bergambar kapak sedangkan King yang lain bergambar pedang
5. Semua Jack membawa benda/senjata yang berbeda
6. Tangan dari Jack of Heart tidak memegang senjata (kapak) melainkan sejenis daun begitu juga dengan King of Diamond yang tidak memegang kapaknya, jadi senjata seperti kapak tersebut tidak dipegang.
7. Hanya Jack of Heart yang tidak ada coraknya sendiri (hati warna merah) dalam gambar pakaiannya
8. Di belakang mahkota Jack of Cloub terdapat selembar daun
9. Hanya King of Heart yang memperlihatkan kedua tangannya

Terdapat dua versi yang menjelaskan kartu joker pada umumnya berpenampilan seperti seorang badut

1. Versi pertamanya "Joker sebagi The Fool" di tahun 1400

Zaman dulu, kalau ada orang cacat (misalnya seperti “si Bongkok dari Notredam”) maka ia akan dihina, dicemooh, dikucilkan, dan di lehernya digantungkan lonceng seperti sapi, sehingga orang dapat mengetahui kalau mereka sedang mendekat. Si Cacat tersebut biasanya dijuluki “the Fool” alias “si Bego”.

Para Pastor di zaman itu kemudian berpikir bagaiman caranya agar si Cacat yang terbuang ini bisa diterima kembali oleh masyarakat. Timbul ide untuk merias si Cacat dengan baju, topi dan sepatu yang lucu. Supaya tidak dianggap berpenampilan seperti sapi, maka lonceng-lonceng kecil yang dipakaikan dijahit dengan manis di topi, baju atau sepatu mereka. Dengan demikian si cacat tetap adalah “si Bego”akan tetapi penampilan barunya ini membuat anak-anak merasa si Bego itu lucu.

Karena begonya, maka si Bego pada umumnya tidak dianggap berbahaya dan karenanya dia boleh berkeliaran semaunya. Karena itu juga, kartu JOKER juga boleh dipakai sebagai pengganti sembarang kartu dan menjadi kartu yang unik. Dalam permainan Tarot, makna kartu joker lebih identik dengan versi yang satu ini. Selain di sebut kartu ‘truf’ tertinggi juga dikarenakan pemaian yang mendapatkan kartu ini tidaklah pasti menang

2. Versi yang lebih baru adalah Joker sebagai Hofnar

NAR adalah penghibur (entertainer), HOF adalah kata lain untuk lingkungan kerajaan. Jadi, HOFNAR adalah entertainer yang kerja dalam lingkungan kerajaan. dengan kata lain adalah badut kerajaan.

Percitraan diri dalam versi ini pun berbeda jauh dari versi Joker sebagai The Fool. Hofnar lebih digambarkan sebagai orang yang cerdas layaknya artis yang memiliki banyak cara dan trik untuk menghibur tamu-tamu istana. Biasanya si HOFNAR itu berbakat macam-macam, dapat bermain musik, jugling, akrobat, pandai bercerita, lucu dan kadang-kadang dalam atraksinya juga menggunakan binatang, seperti monyet, anjing, ular, burung, dan lain-lain.

Seorang HOFNAR melalui atraksinya membuat dirinya selalu diterima di manapun dalam lingkungan kerajaan. Selain itu juga, ia diizinkan bebas berkeliaran dimana-mana dan di lingkungan kerajaan untuk mencari inspirasi, maka kartu JOKER bisa dipakai sebagai kartu pengganti segala macem kartu.

Di zaman sekarang, Joker lebih mengambarkan sebagai orang yang bisa diandalkan dalam menangani persoalan. Untuk kawula muda, mungkin Joker lebih menjurus ke julukan untuk mengambarkan seorang yang mengerti di segala topik pembicaraan baik dari politik , ekonomi , baik itu terlibat ke dalam percakapan pria maupun wanita.



Sumber:
http://bos-sulap.blogspot.com/2010/01/misteri-dibalik-kartu-remi
http://khayz.net/index.php?/topic/1489-info-rahasia-misteri-di-balik-kartu-remi
http://www.metrogaya.com/home/misteri-dibalik-kartu-remi
http://www.afifgenius.co.cc/2010/03/sejarah-kartu-remi-dan-joker

1 komentar:

Unknown mengatakan...

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

JIKA KAMU BUTUH ANGKA RITUAL/JITU 2D 3D 4D SGP/HKG YG DI JAMIN MENANG 100% TEMBUS HBG KI JAYA DI 085=342=064=735 JIKA INGIN MENGUBAH NASIB thank's roomnya

Posting Komentar